Kamis, 31 Desember 2015

TUGAS SEKOLAH : BIOGRAFI LEONHARD EULER LENGKAP

Biografi Leonhard Euler







 Nama                                    : Leonhard Euler
 Lahir                                     : 15 April 1707 di Basel, Switzerland
 Meninggal                            : 18 September 1783 (umur 76) di St. PetersburgRusia
 Tempat tinggal                     : PrusiaRusia Swiss, Warga negara Swiss
 Bidang                                 : fisikawan dan matematikawa
 Institusi                                :Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia Akademi Ilmu Pengetahuan          Prusia   
 Alma mater                          : Universitas Basel
 Pembimbing doctoral           : Johann Bernoulli
 Murid bimbingan                 : Joseph Louis Lagrange
 Agama                                  : Calvinis


SEJARAH HIDUP  LEONHARD EULER
Euler lahir pada tanggal 15 April 1707, di Basel Paul Euler, seorang pendeta dari Gereja Reformasi . Ibunya adalah Marguerite Brucker, putri seorang pendeta. Dia memiliki dua adik perempuan bernama Anna Maria dan Maria Magdalena. Segera setelah kelahiran Leonhard, yang Eulers pindah dari Basel ke kota Riehen , di mana Euler menghabiskan sebagian besar masa kecilnya. Paul Euler adalah seorang teman dari keluarga Bernoulli - Johann Bernoulli , yang saat itu dianggap sebagai terkemuka Eropa matematika , akhirnya akan menjadi pengaruh paling penting pada Leonhard muda. Pendidikan awal resmi Euler dimulai di Basel, di mana ia dikirim untuk tinggal bersama nenek dari pihak ibu. Pada usia tiga belas ia terdaftar di Universitas Basel , dan tahun 1723, menerima gelar Master of Philosophy dengan disertasi yang membandingkan filsafat Descartes dan Newton .
Pada saat ini, ia menerima pelajaran hari Sabtu sore dari Johann Bernoulli, yang dengan cepat menemukan bakat luar biasa murid barunya untuk matematika.  Euler adalah pada saat ini belajar teologi , Yunani , dan Ibrani pada desakan ayahnya, untuk menjadi pendeta, tetapi Bernoulli Euler Paulus yakin bahwa Leonhard ditakdirkan untuk menjadi seorang matematikawan besar. Pada 1726, Euler menyelesaikan disertasi pada propagasi suara dengan judul De Sono.  Pada saat itu, ia mengejar upaya (akhirnya berhasil) untuk mendapatkan posisi di University of Basel. Pada 1727, ia masuk Akademi Paris Hadiah kompetisi Soal, mana masalah tahun itu adalah untuk menemukan cara terbaik untuk menempatkan tiang-tiang di kapal. Ia memenangkan tempat kedua, kalah hanya untuk Pierre Bouguer -pria sekarang dikenal sebagai "bapak arsitektur angkatan laut". Euler kemudian memenangkan hadiah tahunan didambakan dua belas kali dalam karirnya.

·        Perjalanan hidup Euler ke St Petersburg
Pada tanggal 10 Juli 1726, Nicolas meninggal karena radang usus buntu setelah menghabiskan satu tahun di Rusia, dan ketika Daniel diasumsikan posisi kakaknya dalam matematika / fisika divisi, dia merekomendasikan bahwa pasca dalam fisiologi bahwa ia telah dikosongkan diisi oleh temannya Euler. Pada November 1726 Euler bersemangat menerima tawaran itu, tapi tertunda melakukan perjalanan ke St Petersburg sementara ia tidak berhasil diterapkan untuk jabatan profesor fisika di Universitas Basel.
Euler tiba di ibukota Rusia pada tanggal 17 Mei 1727. Dia dipromosikan dari posting junior di departemen medis dari akademi ke posisi di departemen matematika. Dia diajukan dengan Daniel Bernoulli dengan siapa ia sering bekerja dalam kerjasama erat. Euler menguasai Rusiadan menetap ke dalam kehidupan di St Petersburg. Dia juga mengambil pekerjaan tambahan sebagai tenaga medis di Angkatan Laut Rusia .
Akademi di St Petersburg, yang didirikan oleh Peter Agung , dimaksudkan untuk meningkatkan pendidikan di Rusia dan untuk menutup kesenjangan ilmiah dengan Eropa Barat. Akibatnya, itu dibuat sangat menarik bagi para sarjana asing seperti Euler. Akademi memiliki sumber daya keuangan yang cukup luas dan sebuah perpustakaan yang lengkap yang diambil dari perpustakaan pribadi Petrus sendiri dan kaum bangsawan. Sangat sedikit siswa yang terdaftar dalam akademi untuk mengurangi beban pengajaran fakultas, dan akademi menekankan penelitian dan ditawarkan kepada fakultas, baik waktu dan kebebasan untuk mengejar pertanyaan ilmiah.
·        Perjalanan Euler ke Berlin
Prihatin dengan gejolak terus di Rusia, Euler meninggalkan St Petersburg pada 19 Juni 1741 untuk mengambil posting di Berlin Academy , yang telah ditawarkan oleh Frederick Agung dari Prusia . Dia tinggal selama dua puluh lima tahun di Berlin , di mana ia menulis lebih dari 380 artikel. Di Berlin, ia menerbitkan dua karya yang akan paling terkenal untuk: Introductio di analysin infinitorum , teks pada fungsi diterbitkan pada 1748, dan Institutiones kalkuli differentialis[13] pada tahun 1755 diterbitkan pada diferensial kalkulus . [14] Dalam 1755, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences .
Selain itu, Euler diminta untuk tutor Putri Anhalt-Dessau, keponakan Frederick. Euler menulis lebih dari 200 surat padanya di 1760s awal, yang kemudian dikompilasi ke dalam volume terlaris berjudul Surat dari Euler pada Subjek yang berbeda di Alam Filsafat Ditujukan kepada seorang Putri Jerman. Karya ini berisi eksposisi Euler tentang berbagai subjek yang berkaitan dengan fisika dan matematika, serta menawarkan wawasan berharga kepribadian Euler dan keyakinan agama. Buku ini menjadi lebih banyak membaca daripada karya matematika, dan diterbitkan di seluruh Eropa dan di Amerika Serikat.
Meskipun kontribusi besar Euler untuk prestise Academy, ia akhirnya dipaksa untuk meninggalkan Berlin. Euler, seorang yang religius yang sederhana dan pekerja keras, sangat konvensional dalam keyakinannya dan selera. Dia dalam banyak hal kebalikan langsung dari Voltaire. Euler memiliki pelatihan yang terbatas dalam retorika , dan cenderung untuk memperdebatkan hal-hal yang ia tahu sedikit tentang, membuatnya target sering kecerdasan Voltaire.
·        Saat Euler mengalami kerusakan penglihatan
Euler penglihatan memburuk sepanjang karir matematika. Tiga tahun setelah menderita hampir fatal demam pada 1735 ia menjadi hampir buta mata kanannya, tapi Euler bukan menyalahkan kondisinya pada karya telaten pada kartografi ia dilakukan untuk St Petersburg Academy. Melihat Euler di mata yang memburuk selama tinggal di Jerman, begitu banyak sehingga Frederick menyebutnya sebagai " Cyclops ". Euler kemudian mengalami katarak di mata kirinya yang baik, membuat dia hampir buta total beberapa minggu setelah penemuannya pada tahun 1766.
Meski begitu, kondisinya tampaknya memiliki sedikit efek pada produktivitas, karena ia kompensasi untuk itu dengan keterampilan mental perhitungan dan memori fotografi . Sebagai contoh, Euler bisa mengulang Aeneid dari Virgil dari awal sampai akhir tanpa ragu-ragu, dan untuk setiap halaman di edisi yang dia bisa menunjukkan yang garis adalah yang pertama dan yang terakhir. Dengan bantuan ahli tulisnya, produktivitas Euler pada banyak bidang studi benar-benar meningkat. Dia menghasilkan rata-rata satu kertas matematis setiap minggu pada tahun 1775.
·        Euler kembali ke Rusia
Situasi di Rusia telah meningkat pesat sejak aksesi ke tahta Catherine yang Agung , dan pada 1766 Euler menerima undangan untuk kembali ke St Petersburg Academy dan menghabiskan sisa hidupnya di Rusia. Tinggal kedua di negara itu dirusak oleh tragedi. Sebuah kebakaran di St Petersburg pada tahun 1771 biaya dia rumahnya, dan hampir hidupnya. Pada 1773, ia kehilangan istrinya Katharina setelah 40 tahun menikah. Tiga tahun setelah istrinya meninggal Euler menikah saudara tirinya, Salome Abigail Gsell (1723-1794). Pernikahan ini berlangsung ler
Di St Petersburg pada tanggal 18 September 1783, setelah makan siang bersama keluarganya, selama percakapan dengan sesama akademisi Anders Johan Lexell tentang baru ditemukan Uranus dan perusahaan orbit , Euler mengalami pendarahan otak dan meninggal beberapa jam kemudian. [18] Sebuah obituari singkat untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Rusiaditulis oleh Jacob von Shtelin dan pidato yang lebih rinci  ditulis dan disampaikan pada pertemuan peringatan oleh matematikawan Rusia
Ia dimakamkan di sebelah Katharina di Smolensk Lutheran Cemetery di Pulau Vasilievsky . Pada 1785 itu, Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia menempatkan patung marmer dari Leonhard Euler pada alas di sebelah kursi Direktur dan, pada tahun 1837, ditempatkan sebuah nisan di kuburan Euler. Untuk memperingati ulang tahun ke-250 kelahiran Euler, nisan tersebut dipindahkan pada tahun 1956, bersama dengan jenazahnya, ke pekuburan abad ke-18 di Biara Alexander Nevsky .

Kontribusi untuk matematika dan fisika
Euler bekerja di hampir semua bidang matematika: geometri , kalkulus , trigonometri ,aljabar , dan nomor teori , serta kontinum fisika , lunar teori dan area lain dari fisika . Ia adalah tokoh berpengaruh dalam sejarah matematika, jika dicetak karya-karyanya banyak yang merupakan kepentingan mendasar akan menempati antara 60 dan 80 kuarto volume.
1.     Notasi Matematika
Euler diperkenalkan dan dipopulerkan melalui konvensi penulisan beberapa buku teks-nya banyak dan beredar luas. Terutama, dia memperkenalkan konsep fungsi  dan adalah yang pertama untuk menulis f (x) untuk menunjukkan fungsi f diterapkan pada argumen x. Dia juga memperkenalkan notasi modern untuk fungsi trigonometri , huruf e untuk dasar logaritma natural(sekarang juga dikenal sebagai nomor Euler ), huruf Yunani Σ untuk penjumlahan dan huruf iuntuk menunjukkan satuan imajiner . Para penggunaan huruf Yunani π untuk menunjukkan rasio lingkar lingkaran untuk diameternya juga dipopulerkan oleh Euler, meskipun tidak berasal dengan dia.
2.     Analisis
Pengembangan kalkulus berada di garis depan penelitian matematika abad 18, danBernoullis -teman keluarga dari Euler - bertanggung jawab untuk banyak kemajuan awal di lapangan. Berkat pengaruh mereka, belajar kalkulus menjadi fokus utama dari pekerjaan Euler. Sementara beberapa bukti Euler tidak dapat diterima oleh standar modern kekakuan matematika(dalam ketergantungan tertentu pada prinsip umum dari aljabar ), ide-idenya menyebabkan kemajuan besar banyak. Euler dikenal di analisis untuk digunakan sering dan pengembangan deret pangkat , ekspresi fungsi sebagai putus asa dari segi tak terhingga, seperti
 
Terutama, Euler langsung membuktikan ekspansi deret pangkat untuk e dan tangen invers fungsi. (Bukti tidak langsung melalui teknik deret pangkat invers diberikan oleh Newton danLeibniz . antara 1670 dan 1680) penggunaan berani Nya dari seri daya memungkinkan dia untuk memecahkan terkenal masalah Basel pada 1735 (dia memberikan argumen yang lebih rumit pada 1741):                             
Sebuah interpretasi geometris dari rumus Euler


Euler memperkenalkan penggunaan fungsi eksponensial dan logaritma dalam bukti analitik. Ia menemukan cara untuk mengekspresikan fungsi logaritmik berbagai menggunakan daya seri, dan ia berhasil didefinisikan untuk logaritma negatif dan bilangan kompleks , sehingga sangat memperluas ruang lingkup aplikasi matematika logaritma. Untuk setiap bilangan real φ ,rumus Euler menyatakan bahwa eksponensial kompleks fungsi memenuhi                                                                           


 
Sebuah kasus khusus dari rumus di atas dikenal sebagai identitas Euler.
 Ada yang bilang persamaan tersebut mengandung makna filosofi dan spritual. Bisa kalian bayangkan perpaduan antara bilangan real dan imajiner menghasilkan kosong . Jadi kekosongan, kehampaan dihasilkan dari perpaduan antara kenyataan dan imajinasi. Untuk yang menyukai filsafat persamaan tersebut bakal sangat menarik.
Euler juga memelopori penggunaan metode analitik untuk memecahkan masalah nomor teori. Dalam melakukannya, ia bersatu dua cabang yang berbeda dari matematika dan memperkenalkan bidang studi baru, analisis nomor teori . Dalam melanggar tanah untuk bidang baru, Euler menciptakan teori hypergeometric seri , q-seri , fungsi trigonometri hiperbolik dan analisis teori terus pecahan . Misalnya, ia membuktikan tak terbatas bilangan primamenggunakan perbedaan dari deret harmonik , dan ia menggunakan metode analitik untuk mendapatkan beberapa pemahaman tentang cara bilangan prima didistribusikan. Pekerjaan Euler di daerah ini menyebabkan perkembangan dari teorema bilangan prima .
3.    Teori Nomor
Bunga Euler di nomor teori dapat ditelusuri ke pengaruh Kristen Goldbach, temannya di St Petersburg Academy. Banyak pekerjaan awal Euler nomor teori didasarkan pada karya-karya Pierre de Fermat .
Euler membuktikan identitas Newton , Teorema kecil Fermat , Teorema Fermat pada jumlah dua kotak , dan ia membuat kontribusi yang berbeda untuk empat persegi Teorema Lagrange . Dia juga menemukan totient fungsi φ (n) yang merupakan jumlah dari bilangan bulat positif kurang dari atau sama dengan n bilangan bulat yang coprime untuk n. Menggunakan sifat-sifat fungsi ini, ia Teorema kecil Fermat umum dengan apa yang sekarang dikenal sebagaiTeorema Euler . Dia memberikan kontribusi signifikan pada teori angka sempurna , yang terpesona matematika sejak Euclid . Euler juga menduga hukum timbal balik kuadrat . Konsep ini dianggap sebagai teorema dasar teori bilangan, dan ide-idenya membuka jalan bagi karya Carl Friedrich Gauss . Dengan 1772 Euler telah membuktikan bahwa 31-01 Februari = 2147483647adalah prima Mersenne. Mungkin tetap prima terbesar yang diketahui sampai tahun 1867.
4.     Teori Graph
Pada tahun 1736, Euler memecahkan masalah yang dikenal sebagai Tujuh Jembatan Königsberg. Kota Königsberg , Prusia didirikan pada Pregel Sungai, dan termasuk dua pulau besar yang dihubungkan satu sama lain dan daratan oleh tujuh jembatan. Masalahnya adalah untuk memutuskan apakah mungkin untuk mengikuti jalan yang melintasi setiap jembatan tepat satu kali dan kembali ke titik awal. Hal ini tidak mungkin: tidak ada sirkuit Euler . Solusi ini dianggap sebagai teorema pertama dari teori graph , khususnya dari planar graph teori.
Euler juga menemukan rumus V - E + F = 2 terkait jumlah simpul, tepi, dan wajah dari cembung polyhedron dan karenanya dari grafik planar . Konstanta dalam formula ini sekarang dikenal sebagai karakteristik Euler untuk grafik (atau objek matematika lainnya), dan terkait dengan genus objek. Penelitian dan generalisasi dari rumus ini, secara khusus oleh Cauchy danL'Huillier , berada di asal topologi .

5.     Terapan Matematika
Beberapa keberhasilan Euler terbesar adalah dalam memecahkan masalah di dunia nyata analitis, dan dalam menggambarkan berbagai aplikasi dari nomor Bernoulli , deret Fourier ,diagram Venn , nomor Euler , konstanta e dan π , terus pecahan dan integral. Dia terpadu Leibniz's diferensial kalkulus dengan Newton Metode Fluxions , dan alat yang dikembangkan yang membuat lebih mudah untuk menerapkan kalkulus untuk masalah fisik. Dia membuat langkah besar dalam meningkatkan pendekatan numerik integral, menciptakan apa yang sekarang dikenal sebagai perkiraan Euler . Yang paling menonjol dari perkiraan adalah metode Euler danrumus Euler-Maclaurin . Dia juga memfasilitasi penggunaan persamaan diferensial , khususnya memperkenalkan Euler-Mascheroni konstan :


Salah satu kepentingan Euler lebih luar biasa adalah penerapan ide-ide matematika dalam musik. Pada 1739,  ia menulis Tentamen novae musicae theoriae, berharap untuk akhirnya menggabungkan  teori musik sebagai bagian dari matematika. Ini bagian dari pekerjaannya, namun tidak menerima perhatian luas dan pernah digambarkan sebagai terlalu matematika untuk musisi dan juga musik untuk hebat matematika.
6.    Fisika dan Astronomi
Euler membantu mengembangkan persamaan Euler-Bernoulli balok , yang menjadi landasan teknik. Selain berhasil menerapkan alat analitik untuk masalah dalam mekanika klasik , Euler juga diterapkan teknik-teknik untuk masalah surgawi. Karyanya dalam astronomi diakui oleh sejumlah Paris Hadiah Akademi selama karirnya. Prestasinya mencakup menentukan dengan sangat teliti orbit komet dan benda angkasa lain, memahami sifat komet, dan menghitung parallax dari matahari. Perhitungannya juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan akurat tabel bujur .
Selain itu, Euler dibuat kontribusi penting dalam optik . Dia tidak setuju dengan teori sel Newton tentang cahaya di Opticks , yang kemudian teori yang berlaku. 1740-an-Nya makalah pada optik membantu memastikan bahwa teori gelombang cahaya yang diusulkan oleh Huygens Kristen akan menjadi modus yang dominan pemikiran, setidaknya sampai perkembangan teori kuantum cahaya . Pada 1757 ia diterbitkan penting serangkaian persamaan untuk aliran inviscid , yang sekarang dikenal sebagai persamaan Euler .

7.     Logika
Dia juga dikreditkan dengan menggunakan kurva tertutup untuk menggambarkan silogisme penalaran (1768). Diagram ini telah menjadi dikenal sebagai diagram Euler .
  

Filosofi Pribadi dan keyakinan agama
Euler dan temannya Daniel Bernoulli adalah penentang Leibniz monadism dan filsafatKristen Wolff . Euler bersikeras bahwa pengetahuan dibangun di bagian atas dasar hukum kuantitatif yang tepat, sesuatu yang monadism dan Wolffii ilmu pengetahuan tidak dapat menyediakan. Kecenderungan agama Euler juga mungkin punya pengaruh pada ketidaksukaannya dari doktrin, ia pergi sejauh untuk label ide Wolff sebagai "kafir dan ateis".
Banyak dari apa yang diketahui dari keyakinan agama Euler dapat disimpulkan dari Surat kepada seorang Putri Jerman dan karya sebelumnya, Rettung der Göttlichen Offenbahrung Gegen die Einwürfe der Freygeister (Pertahanan Wahyu Ilahi terhadap Keberatan-keberatan para free thinker). Karya-karya ini menunjukkan bahwa Euler adalah seorang yang taat Kristen yang percaya Alkitab terinspirasi; Rettung itu terutama argumen untuk inspirasi ilahi dari Alkitab.
Ada anekdot terkenal terinspirasi oleh argumen Euler dengan filsuf sekuler atas agama, yang ditetapkan selama tugas kedua Euler di St Petersburg akademi. Filsuf Perancis Denis Diderot mengunjungi Rusia pada undangan Catherine Agung. Namun, Ratu itu khawatir bahwa argumen filsuf untuk ateisme yang mempengaruhi anggota pengadilan, dan begitu Euler diminta untuk menghadapi Prancis. Diderot kemudian diberitahu bahwa seorang matematikawan belajar telah menghasilkan bukti keberadaan Tuhan : ia setuju untuk melihat bukti seperti yang disajikan di pengadilan. Euler muncul, maju menuju Diderot, dan dengan
nada keyakinan yang sempurna mengumumkan, "Tuan, , Maka Allah ada". Diderot, kepada siapa (kata cerita) semua matematika adalah omong kosong, berdiri kaget karena tawa meledak dari pengadilan. Karena malu, ia diminta untuk meninggalkan Rusia, permintaan yang anggun diberikan oleh Ratu. anekdot ini apokrif , bagaimanapun, mengingat bahwa Diderot adalah seorang ahli matematika yang handal yang telah menerbitkan risalah matematika beberapa sendiri.
KEGUNAAN RUMUS EULER DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Penerapan Bilangan Imajiner dan Kompleks

Penggunaan bilangan imajiner biasanya dilakukan melalui bilangan kompleks. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bilangan kompleks sangat berguna di berbagai bidang sains seperti pemrosesan sinyal, teori kendali, elektromagnet, dinamika fluida, mekanika kuantum, pemetaan, dan analisis getaran.
Bilangan kompleks digunakan setelah mentransformasi sistem dari domain waktu ke domain frekuensi menggunakan transformasi Laplace. Hasil transformasi Laplace dari sistem akan menghasilkan pole dan zero yang dianalisis pada bidang kompleks. Hasil dari analisis akan menjelaskan kestabilan sistem kendali.
Pada bidang teknik elektro, bilangan kompleks akan muncul saat penggunaan transformasi Fourier untuk menganalisis variasi tegangan dan arus. Notasi bilangan imajiner pada analisis ini menggunakan simbol j untuk menghindari kebingungan, karena i telah digunakan sebagai simbol arus listrik.
Bilangan kompleks juga banyak digunakan pada analisis sinyal dan berbagai bidang lainnya yang melibatkan variasi sinyal secara periodik. Analisis Fourier digunakan untuk memperoleh nilai sebenarnya dari sinyal sebagai kumpulan dari fungsi periodik yang biasanya berupa:
f(t) = zeiωt
ω merupakan simbol untuk frekuensi angular, sementara bilangan kompleks z merupakan fase dan amplitudo dari persamaan.
Bentuk persamaan ini kemudian dikembangkan menjadi pemrosesan sinyal digital dan pemrosesan gambar digital, tentu dengan menggunakan analisis tambahan lainnya. Analisis tersebut digunakan untuk transmit, compress, restore, dan berbagai proses lainnya pada pengolahan sinyal audio digital, gambar, dan video.
Selain di bidang elektro dan sinyal, bilangan kompleks juga digunakan pada persamaan matematis di bidang fisika modern, terutama mekanika kuantum dan relativitas. Persamaan Schrödinger dan matriks Heisenberg merupakan persamaan dasar dari fisika kuantum yang menggunakan bilangan kompleks. Relativitas juga menggunakan bilangan kompleks jika variabel waktu menjadi imajiner.
Bilangan e
Bilangan e adalah konstanta bilangan real yang nilainya mendekati 2.71828 18284 59045 23536..
Dalam analisis matematika, Identitas Euler adalah persamaan.

Konstanta matematika e adalah basis dari logaritma natural.
e adalah simbol untuk dasar logaritma alami. Seiring dengan pi, e telah mengubah pemahaman kita tentang konsep angka. Jauh dari yang diciptakan oleh matematikawan, baik angka ada di kanan dan mereka sendiri muncul di seluruh dunia alami. e memainkan peran penting dalam menggambarkan tentang bagaimana kemajuan peluruhan radioaktif, dalam proses-proses yang mendasari aturan slide, dll

Salah satu penerapan e adalah dalam perhitungan bunga bank.
Rumusnya adalah misalkan kita menaruh deposito sebesar 10juta, bunga 9% setahun maka dalam waktu 2 tahun uang kita akan menjadi berapa banyak.



Sekian ya kawan-kawan. Semoga membantu :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar